Home » » Pendukung Papua Merdeka Tak Perlu Ditakuti

Pendukung Papua Merdeka Tak Perlu Ditakuti


 
MasaKini news - TOKOH masyarakat Frans Alberth Yocku menegaskan, pemerintah Indonesia tidak perlu merasa takut akan gerakan atau kegiatan yang gencar dilakukan oleh kelompok pendukung Papua Merdeka di luar negeri.
“Pemerintah maupun TNI/Polri tidak perlu takut karena Papua adalah bagian tak terpisahkan dari NKRI, ” tegas Frans Yocku di Jayapura seraya menambahkan, kelompok pendukung atau LSM di luar negeri yang gencar mendukung Papua Merdeka hanyalah segelintir orang saja. “Saya juga pernah menjadi bagian dari kelompok tersebut,” ujarnya, seperti dilansir papuapos.com.
Ia mengatakan, saat ini situasi dan kondisi di Indonesia khususnya Papua sudah berubah, karena sejak reformasi, rakyat sudah bebas mengemukakan pendapat tanpa diliputi rasa takut, sementara kesejahteraan juga semakin dirasakan oleh masyarakat.
Sebelum era reformasi, tuturnya, masyarakat memang tidak dapat mengemukakan pendapat karena takut ditangkap aparat keamanan, dan dirinya saat itu sempat menjadi ‘menteri luar negeri’ saat almarhum Theys Eluay menjadi ketua di Presidium Dewan Papua (PDP) dan ia masih warganegara Papua Nugini (PNG).
Bahkan ia mengaku dirinya sebagai salah satu arsitek atau penggagas dibentuknya kelompok atau LSM di luar negeri yang selama ini bergerak di bidang Papua Merdeka, seperti IPWP.
Menurutnya, ia bersama beberapa tokoh Papua yang selama ini menyuarakan ‘Papua Merdeka’ di luar negeri saat ini kembali dan bermukim serta menjadi WNI dan bermukim di Papua karena telah melihat langsung perubahan yang terjadi sehingga dirinya berharap kelompok yang saat ini seringkali menyuarakan kemerdekaan bagi Papua tidak lagi menggelar aksi.
Saat pertemuan antara tokoh masyarakat dan adat dengan Kapolda Papua, Irjen Pol BL Tobing, belum lama ini di Mapolda Papua di Jayapura, ia sudah menyampaikan agar pihak kepolisian menindak tegas aksi demo yang dilakukan KNPB karena dalam melakukan aksinya, membuat masyarakat resah. []

© Cath News
Selengkapnya di: © PERISAI.net
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger