Home » » Para Aktivis Galang Dana Untuk Tapol Papua

Para Aktivis Galang Dana Untuk Tapol Papua


MasaKini new - SOLIDARITAS Kemanusiaan dan Pelanggaran HAM (SKP HAM) akan melayangkan somasi ke Kapolres kota Jayapura, Alfred Papere, menyusul penangkapan belasan aktivis HAM beberapa hari lalu saat menggalang dana untuk pengobatan tahanan politik.
Salah satu anggota SKP HAM, Mathius Murib mengatakan, penangkapan tersebut tanpa prosedur yang benar. Kapolreta Jayapura sudah bertindak tidak profesional.
”Jadi, perlakuan polisi seperti ini memang sering terjadi untuk Papua dan Jayapura. kalau melihat dari prosedur yang benar, itu sangat janggal,” kata Mathius.
Ia memaparkan, “Tindakan kepolisian itu sewenang-wenang, kemudian ada kemungkinan untuk, kita sedang mempelajari, prosedur yang digunakan polisi sudah tepat atau tidak.”
Mathius menambahkan, saat ini sejumlah tahanan politik mengalami sakit dan perlu segera diobati. Mereka di antaranya, Filep Karma.
Ia mengatakan, penggalangan dana sudah mencapai Rp 70 juta. Akan tetapi jumlah itu masih belum cukup. Solidaritas akan kembali menggalang dana di masyarakat.
Markus Haluk, aktivis HAM Papua, melaporkan dari tahun 2011-2012 terdapat lima Tapol yang sedang menjalani proses persidangan yakni Forkorus, Cs. yang dituduh melakukan tindakan makar pada saat deklarasi NRFPB di Lapangan Zakheus Oktober 2011.
Tahun 2008-2010 di Manokwari terdapat 16 Tapol yang diproses dan ditahan, di Kabupaten Fak-Fak (6), Nabire (15), Mamberamo Raya (4), Biak (1), Abepura (4), Timika (6). Jumlah total Tapol atau Napol sejak 2008-2012 sebanyak 67 orang.
Selain itu, Markus Haluk menyatakan, sekitar 10 orang Tapol terkait kasus pembobolan gudang senjata di Wamena Tahun 2003 saat ini sedang mendekam di Lapas Nabire dan Lapas Biak.
Fillep J. S. Karma yang sudah ditahan sejak tahun 2004 dengan vonis 15 tahun penjara di Lapas Abepura, maka total keseluruhan Tapol atau Napol di Papua dari 2003-2012 sebanyak 72 orang Tapol atau Napol. []

© UCAN
Selengkapnya di:  PERISAI.net
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger