Home » » Awal Pembentukan Kelompok OPM

Awal Pembentukan Kelompok OPM

Pembentukan Kelompok
OPM didirikan pada bulan Juli 1964 oleh Nicholaas Jouwe dan Ferry Permanas Awon untuk mengkoordinasikan perjuangan melawan pemerintahan Indonesia setelah turn-over Papua untuk kedaulatan Indonesia pada tahun 1963. Pada tahun 1982 OPM membentuk sayap politik - Dewan Revolusi - yang tetap di pengasingan di Papua New Guinea. Ketua Dewan Revolusi di pembentukannya adalah Moses Werror, yang terus memimpin tubuh. Sayap militer OPM, Tentara Pembebasan Nasional (TPN), atau Tentara Pembebasan Nasional - juga dikenal sebagai Tentara Revolusioner Papua Barat (TRPB) atau Papua Barat Tentara Revolusioner - aktif sampai 2006. Pada bulan Juli 2006, OPM berjanji untuk mengakhiri perjuangan bersenjata dan sampai 2008 TPN / TRPB adalah militer aktif. Namun, pada akhir 2008 perjuangan bersenjata dilanjutkan dan dari 2009 dan seterusnya TPN / TRPB telah melakukan sejumlah serangan tingkat rendah di Papua. TPN ini dipimpin oleh Kelly Kwalik, bagaimanapun, setelah kematiannya pada bulan Desember 2009 ia digantikan sebagai Komandan-in-Kepala oleh Jeck Kemong.

Maksud dan Tujuan
OPM adalah organisasi retak dibagi bersama klan dan garis daerah dengan berbagai maksud dan tujuan yang berbeda. Ikatan utama antara faksi adalah tujuan umum mencari pengakuan internasional untuk sebuah negara Papua yang terpisah dan independen bebas dari pemerintahan Indonesia. OPM juga percaya bahwa kaya sumber daya Papua sedang dieksploitasi oleh Indonesia dan negara-negara asing, dan ingin mendapatkan kembali kontrol atas kekayaan mineral provinsi dan aset alam lainnya. Selain itu, kelompok itu menentang kebijakan yang didominasi Muslim Indonesia pemerintah transmigrasi selama rezim Suharto, dan terus menentang migrasi spontan yang telah berlangsung sejak tahun 1998. Gelombang imigrasi telah mengurangi populasi Papua untuk sedikit di atas 50 persen di tanah mereka sendiri, dan telah tererosi Melanesia berbasis budaya mereka, warisan linguistik, dan iman Kristen.

sumber:JAN'S
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger